Rabu, 11 April 2012

Vitamin Darah

Tanaman dan buah asal Cina yang, berdasarkan penelitian, bisa membantu menaikkan jumlah trombosit dan menyehatkan darah. "Secara tradisional.
1. Duong-quy (Radix Angelica Sinensis) 
Merupakan akar-akaran yang rasanya manis. "Buah ini berfungsi menyehatkan darah, mengatasi sindroma lesu darah, meningkatkan trombosit dan leukosit, serta melancarkan darah," jelas Setiawan. Untuk DBD, rebus 5-10 gram duong-quy dengan 3 gelas air, lalu dinginkan dan minum setiap hari. "Anak-anak cukup 5 gram setiap hari." Minuman ini tidak memiliki efek samping, jadi bisa diminum saban hari untuk menyehatkan darah sekaligus menjaga kondisi tubuh.

2. Gou qi zi (Fructus Lycii) 

Buah dari tanaman ini memiliki khasiat tonik yang menguatkan. Rasa buah ini manis dan berfungsi memberi makan darah. Jadi, fungsinya juga untuk menyehatkan darah. Caranya, ambil 6-15 gram qi zi, rebus dengan 3 gelas air hingga tinggal satu gelas, lalu minum. Untuk anak-anak cukup 6 gram. "Qi zi bisa membantu mempercepat penyembuhan pasien DBD, paling tidak menjaga supaya jumlah trombosit tidak turun drastis." 

Qi zi dan duong quy bisa direbus dan diminum bersamaan. "Ramuan ini tidak memiliki efek samping, jadi bisa dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kondisi tubuh, sekaligus menyehatkan darah." Duong quy dan qi zi bisa diperoleh di toko-toko obat Cina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon pendapat dan koreksi