Senin, 02 April 2012

Jadikanlah Makanan sebagai Obat Bagimu

Dokter Lay Yong Khang adalah seorang dokter yang sangat berpengalaman. Dari beberapa tahun ini dia menemukan rata-rata pasien yang datang kepadanya menjadikan tubuhnya sebagai tempat bersemayam kuman-kuman penyakit.

Beliau memberikan contoh : Seandainya saja rumahmu atau kamarmu kalau kotor dan ada gula manis yang melekat, saya yakin dan percaya tak terlalu lama kemudian pasti akan ada semut, kecoa atau tikus pun bermunculan. Kemudian tidak lupa untuk ini semua anda pasti akan mencari obat pembasmi untuk memusnahkan ini semua. Ini sebenarnya sama dengan tubuh kita, begitu kita sakit lalu cari dokter, disuntik kemudian minum obat lalu sembuh dan selesailah masalah ini. Tetapi kemudian setelah itu mengapa sakit itu jadi kambuh lagi? Ini sama dengan teori di atas seandainya kamu tidak membersihkan dengan bersih rumahmu itu, maka untuk seterusnya tikus, kecoa, semut akan terus untuk berkeliaran di rumahmu. Sebaliknya jika anda benar-benar membersihkan rumah tersebut sebersih-bersihnya, saya percaya tikus, semut, ataupun kecoa dalam sekejap tak akan ada lagi. Mengapa? Karena tempat ini tak cocok bagiku, tempat ini tak ada makanannya kata binatang-binatang tersebut.

Begitu juga dengan tubuh kita, mengapa racun penyakit menyerang anda? Tentu saja di dalam tubuhmu itu sudah ada tempat baginya, sehingga membuat semua kuman-kuman penyakit senang bersarang di sana. Cobalah kita pikirkan, kita selalu tak berdaya menghadapi semua sirkulasi udara di sekitar kita sebab sudah diracuni oleh kuman-kuman penyakit, oleh sebab itu begitu kita hirup sudah terpolusi. Saya berikan satu contoh lagi, ada lima orang yang pergi ke suatu tempat yang sama, tetapi sesampainya di sana cara dan pola hidup makan mereka berbeda, akhirnya tiga orang ini sehat sedangkan yang lainnya sakit. Lalu apakah udara yang kita hirup itu tak sama? Kemungkinan besar makanan dan minuman yang tak sama itu adalah penyebab utamanya, akhirnya anda jatuh sakit. Inilah yang saya katakan tadi, menjadikan tubuhmu tempat bersemayam sumber kuman penyakit dan pola hidup makan dan minum yang tidak sehat itu merusak sistem kekebalan tubuh kita. Begitu stamina tubuh lemah, kuman penyakit langsung menyerang. Sepertinya identik kamu buka pintu rumahmu, orang lain bisa masuk ke dalamnya, tetapi jika anda kunci pintu dengan baik, apakah orang lain bisa masuk sesukanya? Jadi ini sama dengan alasannya.

Cobalah kamu masuk ke dalam, terlebih dahulu jagalah dirimu sendiri ini akan lebih baik daripada keluar sendiri mencari obat-obatan dan pil ajaib, sebab semua ini hanyalah bersifat sementara, oleh sebab itu mencegah lebih baik daripada mengobati. Langkah awal tentu saja harus meningkatkan vitalitas tubuh dan semua ini dapat kita peroleh dalam sayur-sayuran dan buah-buahan.

Dr. Lay menjelaskan sangat detail sekali, bahwa sebenarnya orang sakit itu sangat erat hubungannya dengan masalah makanan dan minuman mereka. Oleh sebab itu setiap pasien yang datang padanya, Dr. Lay selalu menjelaskan dan memberikan pengarahan baik dari segi ilmiah ataupun dari segi kacamata kedokteran kepada pasien-pasien yang datang. Bahkan beliau selalu memberikan saran dan nasehat kepada pasien untuk merubah pola hidup makan yang lebih baik, lebih-lebih lagi kepada mereka yang mempunyai pola hidup makan daging ke pola hidup makan nabati adalah yang terbaik sebab selain sehat juga bergizi.

“Terlebih-lebih lagi kepada mereka yang didera sakit tak kunjung sembuh, saya akan selalu memberikan saran agar menganut pola hidup bervegetarian”. Apa yang pernah dikatakan oleh pepatah: sakit anda hari ini sepenuhnya sangat berpengaruh dari manakanmu”. Jika manusia ingin dirinya sehat, maka dia harus sangat teliti dalam memilih makanan yang ia makan. Mana yang seharusnya ia makan, mana yang sebenarnya ia tak perlu makan, ditambah lagi istirahat yang cukup dan olahraga yang teratur, tentu saja tiga faktor ini tak cukup kalau tidak didukung dengan hati yang tenang, badan yang sehat, emosi yang stabil dan suasana kondisi pikiran dan batin yang tentram. Semua ini sangat berpengaruh dengan kesehatan tubuh kita.

Jadikanlah Makanan sebagai Obat Bagimu

Sekali lagi Dr. Lay ingin semua orang dapat memahami, maka beliau menjelaskan dari kacamata kedokteran. Lihatlah pada saat orang lain lagi marah, kemudian dokter mengambil darahnya dan hasil laporan terakhir dari pemeriksaan darah itu kebanyakkan sel-sel darah menjadi mati dan bercerai berai. Oleh sebab itu suasana hati baik atau tidak terhadap kesehatan seseorang itu sangat terpengaruh sekali. Untuk selanjutnya apakah anda ingin terus menerus marah-marah lagi?

Tahun lalu di bulan Desember di Amerika mengadakan seminar kedokteran, memberitahukan bahwa hanyalah sayur-sayuran dan buah-buahan segar yang mampu membuat tubuhmu lebih sehat dan berenergik. Manusia memiliki komponen-komponen sel-sel darah halus dan susunan organ tubuh yang penting, oleh sebab itu untuk menjadikan badan yang sehat, maka janganlah merusak susunan sel-sel darah. Sekali lagi, cuaca, sirkulasi udara, makanan dan minuman semua ini sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kita.

Katakanlah suhu udara tak mampu kita kendalikan tetapi makanan dan minuman dapat kita atasi dan kendalikan dengan sebaik-baiknya.

Baiklah, mungkin anda setuju dengan pendapat saya bahwa pada umumnya orang menyantap manakan, niat utama yang ada di dalam benaknya, harumkah makanan ini? Gurihkah rasanya? Enak dan lezatkah rasanya? Cukupkah rasa asin dan manisnya? “Sama sekali tak pernah kita pikirkan bahwa makanan sebenarnya adalah resep obat yang paling mujarab bagi tubuhmu.

Dengan alasan ini, Dr. Lay selalu memberikan nasehat bagi pasiennnya, anda seharusnya meneladani Bapak Kedokteran Masa Kini yaitu : Dr. Hippocrats - LET FOOD BE YOUR MEDICINE“ Jadikanlah makan sebagai obat bagimu, maka anda pasti sehat!” Tapi dengan catatan bukan berarti anda bisa sesuka hati menyantap segala-galanya.

Nilai Gizi Tertinggi Makanan Kita Terdapat pada Sayuran dan Buah-buahan

Untuk menjadikan makanan adalah obat kesehatan bagi tubuh kita maka langkah awal seharusnya kita harus mengenali terlebih dahulu nilai gizi sebuah makanan terhadap tubuh kita. Dr. Lay menjelaskan: dari hasil laporan ahli gizi, mereka telah memakai 3000 lebih jelas makanan untuk sebagai bahan eksperimen. Ternyata nilai gizi tertinggi terdapat pada sayur-sayuran dan buah-buahan segar. Sebaliknya susu sapi dan makanan yang kadar susunan lemaknya tinggi seperti daging contoh utama itu, nilai gizinya kalah jauh dibandingkan dengan sayuran dan buah-buahan. Dalam hasil eksperimenya beliau membuktikan, manusia jika ingin sehat satu-satunya yang terbaik adalah mengkonsumsi pola makan nabati (vegetarian).

Point utama hidup Vegan bukanlah hanya terpaku kepada satu jenis makanan saja, tetapi anda harus bisa bervariasi. Tetapi juga bukan berarti mengkonsumsikan makanan yang kurang baik bagi tubuh kita seperti contohnya : goreng-gorengan, penyedap rasa yang berlebihan seperti monosodium glutamate, vetsin dan sejenisnya.

Pola makan nabati yang terbaik adalah memilih makanan yang sifatnya tawar-tawar namun bersahaja dan jenis makanan sederhana saja. Bukan berarti makanan mahal adalah baik, juga bukan berarti makanan yang banyak adalah baik. Lalu bagaimana dengan ginseng bagi tubuh kita? Baguskah? Dan bolehkah dikonsumsi setiap hari?

Jawabnya tidak boleh. Sesuatu makanan walaupun sebaik apapun tetapi jika dikonsumsi dengan berlebihan-lebihan maka hasilnya pun tak baik.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon pendapat dan koreksi